RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA
RUMUS EMPIRIS DAN RUMUS MOLEKUL

Satuan Pendidikan          :  SMA  Negeri Bengkulu
Mata Pelajaran               :  Kimia
Kelas/Semester               :  Kelas X/ Semester I
    Materi Pembelajaran      :  Rumus Empiris dan Rumus Molekul
                                   Alokasi Waktu                 :  2 x 45 menit




         A. STANDAR KOMPETENSI
   1. Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia
       (stoikiometri)

B. KOMPETENSI DASAR
  1.  Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia.


C. INDIKATOR
    1. Kognitif
      a. Produk
  1.    Menentukan rumus empiris dari suatu senyawa
  2.    Menentukan rumus molekul dari suatu senyawa

      b. Proses
  1.  Menghitung massa, jumlah mol, dan perbandingan mol
  2.  Menentukan rumus empiris dan rumus molekul.

            2. Psikomotor
1. Keaktifan siswa dalam diskusi kelompok


3. Afektif
     1. Karakter
a. jujur,
b. tanggung jawab,
c. hati-hati,
d. teliti.

2. Keterampilan sosial:
        a. bertanya,
       b. menyumbang ide atau berpendapat,
       c. menjadi pendengar yang baik,
       d. berkomunikasi.


D. TUJUAN PEMBELAJARAN  
1. Kognitif
a. produk :
 1.    Secara mandiri siswa dapat menentukan rumus empiris dari suatu senyawa
 2.    Secara mandiri siswa dapat menentukan rumus molekul dari suatu senyawa
     
           b. proses
1.    Siswa menyediakan  bahan yang akan didiskusikan dalam kelompok, sehingga masing- masing kelompok mampu aktif dalam dikusi yang dilakukan
2.    Guru sebagai mediator membimbing kegiatan diskusi yang berlangsung
3.    Guru memberikan penjelasan tentang materi rumus empiris dan rumus molekul
4.  Guru memberikan masalah untuk didiskusikan dalam kelompok yang telah dibentuk tentang   materi rumus empiris dan rumus molekul
5.    Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya masing-masing.


2. Psikomotorik
 1. Kesiapan dan penguasaan materi dari kelompok penyaji tentang materi rumus empiris dan    rumus molekul
2. Penyampaian materi yang akurat dan menyeluruh dari kelompok penyaji
 3. Keaktifan audience dalam menyimak materi yang disajikan oleh kelompok penyaji
 4. Cara menjawab pertanyaan kelompok penyaji dari audience
 5. Keaktifan siswa dalam memberikan pertanyaan terhadap penjelasan guru tentang  materi rumus empiris dan rumus molekul
 6. Keaktifan siswa dalam berdiskusi dan dalam mempresentasikan hasil kerja kelompok tersebut.


3. Afektif
 1. Karakter: Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan  dalam menunjukkan karakter kejujuran, tanggung jawab, hati-hati, dan teliti.
2. Keterampilan sosial : Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan  dalam menunjukkan perlaku keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan berkomunikasi.

           E. MATERI PEMBELAJARAN
  •   Rumus Empiris
  •    Rumus Molekul
F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
         Model pembelajaran      :  Model Pembelajaran Kooperatif
           Metode                         : Diskusi Informasi

G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
  •       Buku kimia untuk SMA kelas X penerbit Erlangga
  •       Buku kimia untuk SMA kelas X penerbit Tiga Serangkai

H. PROSES BELAJAR MENGAJAR



I.   Penilaian
1.      Penilaian produk (LP-01)
2.      Penilaian Kinerja(LP-02 A)
3.      Penilaian Afektif

Daftar Pustaka

BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). 2007. Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam. SMP/MTS. Digandakan oleh Kegiatan Penyelenggaraan Sosialisasi/Diseminasi/Seminar/Workshop/Publikasi Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Purba, Michael. 2002. Kimia Untuk SMA Kelas X. Jakarta : Erlangga

Rahardjo, Sentot Budi. 2008. Kimia Berbasis Eksperimen I. Solo : Tiga Serangkai